Tugas Individu Dosen Pembimbing
Aplikasi Kompter untuk Bisnis dan
Usaha Doni Winarso
PROPOSAL
BISNIS
Donat
Kentang
Oleh:
DEMRI ANDRIA
11471202289
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN
SYARIF KASIM RIAU
T.A 2015-2016
Kata Pengantar
Bismillahirrahmaanirrahiim,
Puji dan syukur
penulis ucapkan kepada Allah SWT karena atas limpahan rahmat, hidayah dan
inayah-Nya lah penulis telah dapat menyelesaikan tugas yang berjudul “Donat kentang” ini. Selawat
beriring salam penulis sampaikan kepada nabi Muhammad SAW karena dengan
kerasulan beliaulah kita telah dibawa dari alam yang penuh dengan kejahiliahan
menuju alam yang penuh keimanan seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Selain untuk
memenuhi tugas mata kuliah Aplikasi Komputer untuk Bisnis dan Usaha, tugas ini
juga disusun untuk menambah pengetahuan kita tentang Donat Kentang. Dengan adanya
tugas ini penulis berharap dapat membantu teman-teman dalam mata kuliah Aplikasi Komputer untuk Bisnis dan
Usaha dan dalam
menyelesaikan tugasnya.
Dalam
penyusunan resume ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak.
Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak Doni Winarso S.kom,M.kom
selaku dosen pembimbing mata kulian Aplikasi Komputer untuk Bisnis dan selesai
sebagaimana mestinya.
Penulis
menyadari dalam penyajian tugas ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu
penulis mengharapkan saran dari pembaca agar dapat diperbaiki pada pembuatan
tugas yang akan datang. Semoga tugas ini bermanfaat sebagaimana yang
diharapkan.
Pekanbaru, Mei 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang
mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa kini
banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.
Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya pada rasanya yang enak
dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli
makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan
tersebut. Untuk itulah saya bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa
yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak
menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang
cukup.
Dari uraian diatas maka sangat berpotensi bagi kami
mengembangkan usaha donat kentang ini, karna sebagian dari masyarakat sangat
menyukai donat karna rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Donat kentang ini
memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai
dengan kesukaan mereka. Selain itu, donat ini dapat dinikmati oleh semua umur.
Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi donat ini baik orang yang sudah tua
maupun orang muda. Donat kentang ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik
malam hari maupun pagi hari. Donat ini akan lebih enak apabila dimakan sambil
minum kopi ataupun teh.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis
usaha donat kentang, dan usaha saya tersebut saya beri nama : donat kentang
cinta. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli donat
kentang den akan kenikmatan rasa DONAT KENTANG.
1.2 Manfaat Usaha
A. Manfaat
Ekonomi
Usaha donat kentang ini cukup
menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Saya menawarkan dan
memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi
dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga
dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan
keuntungan.
B.
Manfaat Sosial
1.
Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat
berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Usaha donat kentang ini
cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang
belum menikmati enaknya donat kentang ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke
daerah tersebut.
2.
Bagi Masyarakat
Dengan
adanya donat kentang ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk
memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat
membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna
apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu
dalam kelancaran usaha.
1.3 Rumusan Masalah
1.
Bagaimana tips untuk
membuka usaha donat kentang yang baik dan benar dan tidak merugi.
2.
Bagaimana cara
mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
3.
Bagaimana caranya agar
kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis roti bakar.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Profil Organisasi
Nama
Usaha : Donat Kentang
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Hasta Karya, No 18, Pekanbaru
Pemilik : Demri Andria
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Hasta Karya, No 18, Pekanbaru
Pemilik : Demri Andria
2.2 Visi, Misi dan Tujuan
a.
Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b. Misi
·
Memberikan kualitas yang terbaik.
·
Memberikan pelayanan yang
terbaik
c. Tujuan Usaha
·
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·
Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam
melakukan kegiatan usaha.
·
Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan
·
Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan
kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat
2.3 Produk
Produk yang di tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
a. Cream Coklat
b. Strowberry
c. Vanilla
d. Keju
e. Madu
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang diberikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, wantek, dll, sehingga baik untuk di konsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.
2.4 Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT
terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1.
Faktor internal.
a.
Strengths (Kekuatan)
·
Penyajian dari donat kentang ini sangatlah sederhana tanpa
memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
·
Harga dari donat kentang ini cukup murah, sehingga dapat
terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
·
Donat kentang khas Jakarta yang saya sajikan ini memiliki rasa
yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu di
utamakan.
·
Karna donat kentang ini mempunyai banyak rasa, sehingga konsumen
dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
·
Perlengkapannya mudah di dapatkan.
b.
Weakness (Kelemahan)
·
Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini,
karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan konsumen akan sedikit.
·
Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan
cuaca sedang buruk.
·
Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan
dari konsumen.
2.
Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang
/ kesempatan)
·
Donat kentang ini bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti
makanan pokok/cemilan.
·
Saya bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa
Durian. Dengan rasa tersebut masyarakat yang mempunyai suka mengkonsumsi durian
tidak perlu menunggu musim durian tiba, sehingga cukup membeli donat kentang
dengan rasa durian.
·
Karna donat kentang ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang
muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
b. Threats (Ancaman)
Melihat dari bnyaknya permintaan masyarakat
dalam mengkonsumsi makanan makanan, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini
pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen
kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan
terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dalam menjalankan
usaha ini harus selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik
kepada konsumen. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi
prioritas utama dalam menjalankan usaha ini.
2.5 Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah
sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis donat
kentang yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam
usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat
meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan
untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2. Rencana Jangka
Menengah
Usaha yang saya rintis
ini pastinya akan saya kembangkan demi mewujudkan impian, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, pelanggan ialah raja, maka dari itu
kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan
belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula saya rajin melakukan
promosi usaha, baik dari mulut ke mulut, iklan radio, media online, dan media
yang lainnya.
3.
Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil
mendapatkan pelanggan, saya akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari
usaha saya ini, tidak lupa pula juga membangun jaringan dengan pabrik maupun
toko yang menjual donat agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan
baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.
2.6 Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha donat kentang kelompok kami
yaitu:
1. Target Pasar
Usaha ini berlokasi di
tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama dan tempat
keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh
masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini
mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar saya yaitu
masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan dimana tempat usaha itu
berdiri
2. Pesaing
Terdapat banyak
pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara
kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita
merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu
terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan
pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di
tetapkan.
3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan
usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik
kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna
harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang
kami berikan yaitu mulai dari Rp3000 sampai dengan Rp5000 per donat.
2.7 Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat saya lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan
promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk
melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau
keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli donat kentang di tempat kita.
2. Dengan media Internet
Promosi juga dapat
dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook,
twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media
internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan
berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, saya juga mempromisikan usaha
saya ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah
dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha donat kentang ini ke
daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat
dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat
pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4. Pengembangan Produk
Pengembangan produk
dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain,
seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih
dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan
tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Saya juga
menerima pemesanan pada acara-acara arisan, ulang tahun, dan juga acara resmi
lainnya.
5. Langkah-langkah promise
Untuk menarik minat
konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara
tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·
Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada
konsumen yang membeli donat dengan harga diatas Rp20.000, maka akan diberikan
diskon sebesar 10%.
·
Apabila konsumen membeli donat kentang diatas 4 bungkus, maka
saya akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga persatuan donat
menjadi Rp,2500 per donat
·
Selain itu, apabila konsumen membeli donat kentang diatas 8
bungkus, maka saya akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga
persatuan donat menjadi Rp,2500 per donat,- dan memberikan gratis dua bungkus
donat kentang.
2.8 Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1.
Desain Produk
Desain produk yang diusahakan ialah membuatnya
dengan semenarik mungkin dan dapat berubah tampilan agar pelanggan tidak bosan
dengan tampilan donat kentang yang itu-itu saja.
2.
Tempat usaha
Tempat usaha yang saya rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha saya
Tempat usaha yang saya rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha saya
3.
Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha saya ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka saya melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantitas dari donat-donat yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual dan makan.
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha saya ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka saya melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantitas dari donat-donat yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual dan makan.
4.
Marketing atau promosi
a.
Analisis aspek SDM
Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat
dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
1.
Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan
dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan distributor-distributor donat
kentang lainnya, sehingga bahan-bahan dari donat kentang ini mudah didapatkan
2.
Tenaga Kerja
Dalam bisnis jualan roti bakar ini kita tidak
memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana
dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun /
telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan
remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
3.
Masyarakat Sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja
selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna
kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karna
apabila kita tidak mempunyai hubunga baik maka bisa saja usaha kita tidak
disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
b.
Analisis aspek financial
1.
Harga
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki
harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna
macam-macam dari rasa tersebut tidak sama.
c.
Modal awal
1.
Kompor Rp 250.000 1 buah
2.
Tabung Gas 3 kg Rp 170.000 1 buah
3.
Blender Rp 230.000 1 buah
4.
baskom Rp 50.000 2 buah
5.
Alat Pemotong Rp 72.000 2 buah
6.
Minyak goreng Rp 25.000 1 buah
7.
Lap Tangan Rp 20.000 3 buah
8.
Tepung terigu berprotein tinggi 500 gr Rp 10.000 1 buah
9.
Mixer Rp 175.000 1 buah
10. Kentang, kukus yang
dihaluskan 200 gr Rp 20.000 1 buah
11. Susu bubuk 1 sdm Rp
5.000 1 buah
12. Merek Usaha/banner Rp
100.000 2 m
13. Garam 1 sdt Rp 5000 1
buah
14. air es 200 ml 1 buah
15. telur ayam 5 butir Rp 10.000
16. margarine 50 gr Rp.15.000
17. plastik pengkemas
donat 50 buah Rp 25.000
18. tempat streples dan isinya Rp 25.000
19. cream coklat Rp.15.000
20. ragi instan atau
pengembang khusus donat Rp.3000
21. rasa vanilla Rp.5000
22. rasa madu Rp.10.000
23. rasa keju Rp.10.000
24. rasa strawberry
Rp.10.000
Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)
5. Rasa-Rasa
5. Rasa-Rasa
1. Cream coklat
2. Keju
3. Strowberry
4. Vanilla
5. Madu
TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp 4.700.000
Rp 4.700.000
2.9 Metode Pelaksanaan Program
1. Metode pengumpulan
data
Metode pengumpulan
yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala
apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha donat kentang ini. Kritik dan
saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
2. Survei bahan baku
Bahan baku sangat
penting dalam usaha donat kentang, karena tanpa tersedianya bahan baku, sudah pasti
usaha ini tidak akan berjalan lancar.
3. Pembuatan bahan baku.
Pada pembuatan donat,
donat yang dibuat menggunakan ragi memerlukan waktu fermentasi sebelum
dilakukan penggorengan. Pembuat donat harus menyimpan adonan di tempat yang
hangat dan agak lembab. Keadaan lingkungan tersebut dapat memungkinkan ragi
untuk berkembang biak, memproduksi karbon dioksida secara terus menerus selama
proses fermentasi.
4. Kandungan mikrobia dalam bahan baku.
5. Pengemasan bahan baku
Bahan baku yang kami terima dikemas dengan
menggunakan plastik tipis dan dipres, berhubung bahan baku yang saya pesan
dalam jumlah yang banyak, pengemasan dimasukkan kedalam kardus.
6. Sosialisasi kepada
masyarakat
Percobaan demi
percobaan kami lakukan demi mendapatkan cita rasa yang sesuai dengan lidah
konsumen dan berbeda dari donat kentang lainnya, untuk tahap awal saya memberi
secara cuma-cuma kepada tetangga sekitar dan pelanggan 5 orang pertama. Setelah
mendapat respon yang bagus baru kami berani mengembangkan usaha donat kentang ini,
tidak lupa pula kami menjelaskan kepada konsumen tentang kandungan gizi dan
manfaat donat bagi tubuh manusia melalui selebaran yang kami tempel dan
diletakkan didekat meja maupun gerobak dagangan.
7. Penjualan atau
pemasaran produk
Penjualan dilakukan
setelah selesai segala aktifitas kuliah, bisanya dilakukan dari sore hingga
malam hari, tergantung dari bahan baku yang ada setiap malamnya. Saya juga
menerima pesanan dalam jumlah kecil, berhubung modal terbatas, maka kami tidak
berani menerima pesanan dalam jumlah yang banyak.
BAB 3
PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga proposal ini
dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa saya mengucap
syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan
proposal bisnis ini. Dan tidak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada semua
pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena
proposal ini merupakan tahap awal dalam memulai usaha donat kentang ini. Dengan
selesainya proposal bisnis ini, saya berharap dapat segera mewujudkan usaha
bisnis yang telah saya rencanakan ini.
Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima
kasih.
sumber:
https://catatanwinarso@wordpress.com
sumber:
https://catatanwinarso@wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar